Jumat, 30 Maret 2012

PENGENALAN ARSITEKTUR ORGANISASI KOMPUTER



  1. Fungsi CPU ?
Fungsi CPU | Pengertian CPU. Central Processing Unit (CPU) adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai media pemrosesan segala perintah dan data dari perangkat lunak komputer. CPU juga sering di sebut dengan istilah processor kalau dalam bahasa sehari-hari. CPU marupakan komponen terpenting dalam sebuah unit komputer, meskipun sebenarnya masih banyak perangkat lain yang berkerja bersamaan dalam menjalankan sebuah komputer seperti RAM, Harddisk, dll.

Lalu apa
fungsi CPU sebenarnya? Fungsi processor atau fungsi CPU adalah mengolah data logika dan aritmatika dari software maupun perintah yang di berikan melalui perangkat keras (hardware) seperti keyboard, mouse, cd rom, dll. Kerja CPU di kendalikan menggunakan gabungan perangkat lunak (software) yang terdapat dalam media penyimpanan seperti harddisk, cd rom, dll.

Kalau terjadi kerusakan pada bagian CPU, maka dapat mengakibatkan komputer hang atau bahkan tidak menampilkan display. Selengkapnya tentang apa itu hang dapat membaca tulisan
pengertian komputer hang dan error. Sedangkan info tentang RAM dapat di lihat pada tulisan terdahulu tentang jenis dan pengertian RAM.

  1. Fungsi dari I/O ?
INPUT
Input adalah hardware yang digunakan untuk mentranser data atau perintah kedalam komputer untuk diproses lebih lanjut. input ini berungsi untuk mempermudah user untuk melakukan pekerjaan


Contoh alat input :
a. Mouse
Mouse berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer.


b. Keyboard 
keyboard merupakan peralatan masukan langsung yang terditri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi.

 
OUTPUT
Perangkat output adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan
data atau perintah yang dilakukan komputer. Contoh perangkat output antara lain
monitor, printer,speaker, dll.

a. Monitor
 Monitor berfungsi berfungsi untuk menampilkan kerja pemrosesan komputer secara
visual baik berupa gambar maupun data.

b. Printer
 Printer merupakan peralatan keluaran untuk menampilkan hasil pemrosesan komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.

  3. Fungsi System Interconection ?

     Fungsi Sistem Interconnection yakni, untuk menghubungan diantara ketiga elemen CPU - Main Memory - Input Output untuk disinkronisasikan dan dijalankan oleh komputer.

  4. Fungsi Main Memory ?

     Fungsi Main Memory, adalah sebagai tempat penyimpanan sementara data - data yang sedang beroperasi.

  5. Fungsi Dari Register ?

     Register adalah segala sesuatu yang bergubungan dengan pengoperasian pada CPU.
  
  6. Fungsi Dari ALU ?

     ALU ( Arithematic and Logic Unit ) , adalah unit yang mengatur perhitungan dan operasi-operasi perhitungan seperti : penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, dan sebagainya.

  7. Fungsi Dari Internal CPU Interconnection ?

     Internal CPU Interconnection, yaitu bagian yang mengatur kinerja dalam lingkup CPU , sama halnya dengan sistem interconnection pada komputer yang menyelaraskan antar komponen.
  1. Fungsi Dari CU ?
    Control Unit adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home